Vagina Berlendir: Normal dan Tidak Normal

Vagina berlendir bisa jadi normal dialami oleh setiap perempuan yang sudah aktif organ reproduksinya atau sudah memasuki masa pubertas. Namun, ada kalanya lendir yang keluar dari vagina ini merupakan tanda dari sebuah infeksi yang harus segera mendapatkan perawatan khusus agar tidak mengganggu kesehatan vagina atau kehidupan perempuan secara umum. Pasalnya, sedikit infeksi pada vagina dapat berakibat fatal pada kesehatan reproduksi, bahkan bisa mengakibatkan kemandulan. Kali ini, mari kita bahas lendir yang normal dan tidak normal yang keluar dari vagina berikut cara menanggulanginya.

Vagina Berlendir

Vagina berlendir, normal atau tidak?

Lendir vagina yang normal

Tentu Anda bertanya-tanya, bagaimanakah lendir yang normal keluar dari vagina perempuan. Karena justru tanpa lendir vagina akan menjadi kering, bukan? Berikut adalah beberapa ciri lendir vagina yang masih dalam kategori normal;

Pertama, lendir yang keluar setelah masa menstruasi

Setelah masa menstruasi habis atau selesai, biasanya seorang perempuan akan mengeluarkan lendir dari vagina. Warnanya bisa jadi putih seperti awan (putih berawan) dan akan lengket di tangan. Jika Anda mengalami ini, maka bisa dikatakan normal.

Kedua, mendekati masa ovulasi

Mendekati masa ovulasi atau masa saat ovarium melepaskan ovumnya untuk siap dibuahi sperma juga akan membuat vagina Anda berlendir. Lendir ini akan meningkatkan kelembaban pada daerah intim Anda. Kuantitas atau jumlah lendirnya pun akan berbeda dengan kondisi sebelumnya. Ya, kuantitas lendir sebelum masa subur ini akan lebih banyak dan berwarna lebih keruh dari pada lendir pertama.

Ketiga, masa ovulasi

Pada saat ovulasi datang, lendir akan jauh lebih banyak lagi. Pada saat ovulasi ini warna lendir akan seperti putih telur. Nah, pada saat inilah Anda yang ingin memiliki momongan juga bisa menambak intensitas berhubungan badan dengan pasangan (suami). Karena pada saat ini, Anda sedang berada pada masa subur.

Keempat, setelah masa subur

Setelah masa subur, Anda akan melihat lendir pada vagina Anda berkurang jumlahnya. Lendir pun terasa lebih pekat dan tebal. Lendir ini akan bertahan hingga masa menstruasi datang (jika sel telur tidak dibuahi.

Empat ciri vagina berlendir di atas dapat dikategorikan normal. Untuk mengetahui ini, Anda perlu melakukan beberapa hal, di antaranya terus mengamati jenis lendir Anda dan melakukan pengamatan melalui ibu jari dengan jari lainnya untuk tes kepekatan lendir. Sehingga saat terjadi sesuatu pada lendir pada organ intim Anda akan lebih peka dan mengetahuinya secara langsung.

Lendir vagina yang tidak normal

Vagina berlendir dikatakan tidak normal jika mengalami perubahan warna, kualitas, dan kuantitasnya. Misalnya, jika seharusnya lendir vagina berwarna putih, tapi ternyata berwarna kuning bahkan hijau dengan kuantitas yang banyak dan berbau busuk, maka ini bisa dikategorikan sebagai lendir yang tidak normal. Apalagi jika lendir ini dibarengi dengan kehadiran rasa gatal pada organ intim. Bagaimana pun, rasa gatal bisa menunjukkan kehadiran bakteri jahat atau infeksi pada vagina. Tentu saja, hal ini harus mendapatkan perhatian dari para perempuan di dunia. Sebab, lendir yang tidak normal dengan gejala-gejala yang tidak biasa bisa jadi merupakan tanda dari penyakit seperti kanker serviks, infeksi vagina, atau penyakit lain yang sebenarnya bisa dicegah dengan menggunakan kapsul mustika dara. Cara lain untuk terhindar dari penyakit-penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan vagina dari luar, termasuk dengan tidak menggunakan bahan kimia pada organ vital perempuan.

Namun demikian, Anda yang mengalami vagina berlendir dengan warna putih berbeda (tidak normal) tidak perlu khawatir, karena terkadang itu hanya disebabkan oleh stres dan aktivitas yang terlalu berlebihan. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan jika lendir tersebut terasa mengganggu dan tidak berhenti.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon
Comments
  1. jumadi
    • Bang Roy
  2. ayu
    • Bang Roy
      • echa
        • Bang Roy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *