Tips Sehat dan Aman Memandikan Bayi

Ada banyak keraguan dan pertanyaan yang muncul ketika orang tua harus memandikan bayi untuk pertama kalinya. Biasanya, mereka merasa merasa tidak aman dan cemas, dan beberapa rasa takut, terutama bagi mereka yang masih berstatus orang tua baru. Mereka bertanya-tanya bagaimana cara memegang dan tindakan pencegahan apa yang harus dimiliki. Banyak yang tidak tahu berapa suhu air yang ideal. Nah, untuk itulah dalam artikel ini kami akan memberikan informasi bagaimana cara memandikan bayi yang benar.

Tips Sehat dan Aman Memandikan Bayi

Bila Anda sudah memiliki semua perlengkapan mandi bayi, cuci tangan Anda, kemudian tutup pintu dan jendela di mana Anda memandikan bayi.

  • Pastikan suhu sekitar kamar mandi hangat dan berkisar antara 23 dan 25 Ā° C. Kemudian periksa bak mandi apakah kotor atau tidak, lalu isi dengan air hangat. Air harus sama dengan suhu tubuh, yaitu antara 35 dan 37 derajat Celcius. Anda dapat menggunakan termometer mandi atau, jika Anda suka, gunakan siku atau bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk memeriksa suhu yang tepat.
  • Selanjutnya, buka pakaian bayi, lalu bersihkan dulu di daerah pantat dengan handuk, saat membersihkan wajah dan telinganya gunakan cotton bud yang sedikit basah.
  • Kemudian, pegang bayi dengan lengan kanan, sehingga bagian dalam siku memegang kepala dan tangan Anda bersentuhan dengan pantatnya. Miringkan ke atas bak mandi dan dengan tangan kiri, bersihkan kepala bayi dengan sampo khusus. Bilas dengan baik.
  • Setelah mencuci kepala, pegang bahu bayi dengan satu jari di bawah ketiak, sambil memegang kaki atau punggung belakang dengan tangan satunya, sehingga kepala Anda di atas air.
  • Setelah itu, bilas, dan keringkan dari atas ke bawah. Yang pertama dikeringkan adalah dada, kemudian lengan, tangan dan kaki.
  • Putar bayi dengan hati-hati untuk mencuci punggung dan pantatnya. Setelah benar-benar bersih bilaslah dengan lembut, angkat bayi dan bungkus dengan handuk.

Cara memandikan bayi yang baru lahir?

Bayi yang baru lahir pasti akan sering menghabiskan hari di kamar mandi. Bahkan, terkadang ada bayi yang mencintai air, hal tersebut konon mengingatkan mereka saat berada dalam kandungan. Sebelum membuka baju bayi dan bungkus dia dengan handuk dengan kapas yang sedikit dibasahi dengan garam, pertama bersihkan matanya dengan tisu. Lalu masukkan perlahan-lahan di baik berisi air hangat, seka secara lembut tanpa perlu menggosok. Sebelum berpakaian, penting untuk memeriksa tali pusat dan daerah pusar. Bersihkan dengan air alcohol dan bungkus dalam kain kasa yang bersih. Jika Anda melihat bahwa pusar merembes atau memiliki warna kemerahan dan berbau, Anda harus laporkan hal tersebut dengan dokter.

Ada beberapa perawatan khusus yang harus Anda pertimbangkan ketika memandikan bayi:

  • Jangan sampai meninggalkan bayi Anda sendirian di kamar mandi.
  • Tidak dianjurkan untuk menggunakan bubuk atau koloni, terutama di bulan-bulan awal. Mereka dapat memicu alergi.
  • Ketinggian bak mandi harus sesuai dengan figur orang yang memandikan bayi.
  • Selalu cuci bak sebelum dan setelah digunakan.
  • Penting untuk mengeringkan semua lipatan kulit bayi, terutama yang berada di bawah dagu, belakang telinga dan daerah popok.
  • Luangkan sedikit waktu untuk memeriksa bayi dan melihat apakah ada ruam, inflamasi atau masalah lainnya pada bayi. Hal ini penting, sebab beberapa bayi ada yang alergi dengan bahan-bahan yang digunakan pada peralatan mandi.
Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *