Tips Menjaga Mata Yang Terserang Floaters

Kadang-kadang ketika Anda melihat bintik-bintik atau “awan” bergerak dalam bidang pengelihatan Anda, itu disebut Floaters. Floaters ini sebenarnya adalah gumpalan gel kecil atau sel di dalam vitreous, seperti cairan bening yang mengisi bagian dalam mata. Apa yang menyebabkan Floaters?

Tips Menjaga Mata Yang Terserang Floaters

Ketika orang mencapai usia pertengahan, vitreous gel dapat mulai menebal atau menyusut, membentuk gumpalan. Vitreous menarik dinding posterior mata, menyebabkan posterior vitreous detachment. Ini merupakan penyebab umum dari “floaters”. Posterior vitreous detachment lebih sering terjadi pada orang-orang yang:

  • Rabun
  • Telah menjalani operasi katarak
  • Telah mengalami operasi laser
  • telah memiliki peradangan di dalam mata

Munculnya Floaters bisa sangat menakutkan, terutama jika mereka berkembang secara tiba-tiba. Anda harus berkonsultasi dengan dokter mata jika Anda melihat Floaters sesegera mungkin, terutama jika Anda berusia lebih dari 45 tahun.

Apakah yang membuat Floaters bisa menjadi masalah serius?

Retina dapat patah ketika tarikan vitreous gel terjadi di dinding mata. Hal ini menyebabkan sedikit pendarahan di mata. Anda harus berkonsultasi dengan dokter mata sesegera mungkin jika Floater muncul tiba-tiba.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Ffloaters dapat menempati di sudut pandangan, yang cukup mengganggu, terutama jika Anda mencoba untuk membaca. Anda dapat mencoba memindahkan mata, melihat ke atas dan kemudian turun untuk memindahkan floaters.

Anda dapat mengalami sensasi terbakar atau silau berlebih ketika vitreous, retina strip, menyusut menciptakan sensasi cahaya. Kilatan cahaya dapat muncul dan menghilang selama beberapa minggu atau bulan. Beberapa orang mengalami gejala ini di kedua mata, dengan durasi 10-20 menit. Jenis berkedip biasanya disebabkan oleh penutupan tiba-tiba dan sementara dari pembuluh darah otak, yang disebut migrain. Jika setelah berkedip sakit kepala terjadi, hal itu disebut migrain.

Ketika dokter mata memeriksa mata Anda, mata Anda akan diberi obat tetes. Selama pemeriksaan, dokter mata akan secara hati-hati mengamati vitreous dan retina. Karena pupil yang bermasalah, Anda mungkin memiliki beberapa kesulitan mengemudi, sehingga sebaiknya ajak seorang yang bisa mengantar Anda. Merawat mata haruslah menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Kita harus selalu ingat bahwa jika mata sudah rusak tidak bisa diperbaiki atau bahkan diganti. Untuk mencegah hal tersebut kita harus mengikuti beberapa pedoman:

  • Mengusung pola makan yang sehat dan lengkap: yang memiliki kandunga antioksidan tinggi, kandungan ini sangat penting dalam pola makanan kita. Vitamin A, C dan E sangat disarankan untuk penglihatan.
  • Jika Anda merokok cobalah untuk berhenti.
  • Latihan fisik secara teratur. Dalam praktek olahraga tertentu sangat dianjurkan menggunakan kacamata guna melindungi mata dari serangan kimia atau serangan fisik (berenang, ski, squash, berburu, dll).

Gunakan tabir surya jika Anda berada diluar ruangan terlalu lama. Terkena paparan sinar matahari tanpa perlindungan dapat menghasilkan beberapa jenis cedera mata. Seperti lesi kornea jangka pendek dan bahkan jangka panjang, katarak dan kerusakan retina, makula dan konjungtiva juga dapat terjadi. Jangan pernah membaca buku atau majalah di bawah sinar matahari secara langsung. Lindungi mata baik dengan topi. Ketika cedera mata terjadi maka Anda dianjurkan untuk pergi ke dokter spesialis mata.

Bila lama menggunakan komputer terlalu lama, berilah waktu istirahat sesekali, dan berkedip secara berkala untuk mencegah mata kering. Jika Anda memiliki miopia dan sedang hamil atau berencana untuk hamil, disarankan untuk menjalani pemeriksaan fundus secara berala. Jika Anda memiliki diabetes diharuskan menjalani pemeriksaan fundus setidaknya sekali setahun. Ingat, sangat dianjurkan untuk pergi ke dokter mata secara teratur dan mendapatkan pemeriksaan rutin.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *