Tips Mengontrol Gula Darah dengan Mengatur Pola Makan

Dewasa ini penyakit semakin sering menyerang usia muda. Itu tidak lain disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Siapapun bisa bermasalah dengan gula darah terutama jika pola makan tidak diatur. Ada banyak penyakit komplikasi yang mungkin ditimbulkan dari gula darah yang terlalu tinggi. Anda tentu sudah akrab dengan yang namanya diabetes. Iya, kondisi ini memang kerap menyerang usia paruh baya, kemungkinan karena di masa mudanya tidak mau mengatur pola makan. Mengingat komplikasi yang mungkin muncul pada penderita, sudah sepatutnya mereka yang didiagnosa dengan penyakit ini lebih memperhatikan kondisi tubuhnya.

Tips Mengontrol Gula Darah

Kami akan berbagi informasi tentang cara mengontrol gula darah. Diabetes bisa juga terjadi karena faktor bawaan. Beberapa orang tidak memproduksi insulin di dalam tubuhnya, sehingga gula yang masuk tidak dapat diproses dan menumpuk dengan konsentrasi tinggi. Ada banyak penyebab meningkatnya kadar gula di dalam darah. Konsumsi makanan kaya karbohidrat adalah salah satunya. Meskipun kita tahu karbohidrat merupakan sumber energi, namun dalam jumlah berlebih akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Kondisi tubuh normal dan penderita diabetes relatif berbeda. Mereka yang menderita penyakit ini kadar gulanya sangat fluktuatif, tidak seperti mereka yang sehat. Sedikit saja mengkonsumsi gula berlebih, maka kadar gula di dalam tubuh akan segera meningkat dengan cepat.

Lantas, bagaimana cara mengetahui seseorang mengidap penyakit ini? Ada beberapa tanda yang umum, salah satunya adalah susah menahan air kencing, terutama pada malam hari. Jika seseorang harus terbangun beberapa kali saat malam untuk ke kamar kecil, ada kemungkinan ia mengidap penyakit ini. Gejala lain yang sering dikeluhkan adalah mual, pandangan kabur, dan mengantuk. Munculnya diabetes tidak secara tiba-tiba, pengobatannya pun demikian, tidak bisa dilakukan secara instant. Meskipun sekarang ada beragam pengobatan medis untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, tindakan preventif adalah yang paling utama. Maksudnya adalah bagaimana menjaga gula darah agar tetap terkontrol.

Untuk mengontrol gula darah, ganti konsumsi beberapa sumber makanan. Misalnya, jika anda terbiasa mengkonsumsi roti putih, ganti dengan yang terbuat dari gandum. Soal rasa, roti gandum tidak kalah enak dan kandungannya pun beragam, mulai dari serat, protein, dan karbohidrat kompleks. Semuanya bisa membantu menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Asupan mineral magnesium juga sangat penting karena dipercaya mampu mencegah munculnya diabetes tipe 2 yang banyak orang derita. Ada banyak bahan makanan yang kaya magnesium, misalnya kacang-kacangan, ikan, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Mengkonsumsi rempah juga relatif membantu, seperti misalnya kapulaga. Jika tidak bisa memakannya secara langsung, silakan campurkan dengan menu harian anda, seperti kopi, teh, sereal, nasi, yoghurt, atau yang lainnya. Bumbu dapur ini pada dasarnya memiliki banyak manfaat. Selain mengontrol gula darah, manfaat besar lainnya adalah untuk menurunkan glukosa darah.

Yang paling penting dalam penanggulangan diabetes adalah mengatur pola makan karena bagaimanapun juga, kebanyakan orang menderita penyakit ini karena salah pola makan. Selain semua makanan yang telah disebutkan tadi, anggur juga bisa menjadi alternatif mengontrol gula darah. Jika anda penggemar minuman ini, boleh sesekali meminumnya. Ingat, untuk terapi, minum sesekali saja. Selain makanan yang disarankan, ada juga makanan yang dilarang. Makanan manis dengan gula tinggi sudah pasti harus dihindari. Kemudian makanan berlemak juga harus dihindari karena mengandung banyak lemak jenuh yang akan mengendap di dalam tubuh. Selain diabetes, makanan berlemak juga tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *