Tips Mengobati Pilek Pada Anak

Kita tahu, kini di Indonesia sedang musim penghujan. Tentu saja hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti pilek. Ya, pilek adalah penyakit yang sangat rentan menyerang anak-anak. Untuk mengatasinya, cobalah tips yang kami berikan di bawah ini;

Mengenali gejala-gejala.

Pilek jadi sangat menular selama hari-hari pertama terserang, sehingga sangat penting untuk memberikan perhatian lebih pada gejalanya yang ditimbulkan. Beberapa di antaranya adalah: hidung tersumbat atau berair, bersin, sakit tenggorokan, batuk dan sakit kepala. Dalam beberapa kasus, anak mungkin akan terasa sedikit demam. Gejala-gejala ini dapat bertahan hingga sepuluh hari. Jika Anak Anda tidak menunjukkan adanya perubahan, segeralah ke dokter.

Pilek Pada Anak

Pilek dan flu adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus yang berbeda, sehingga mereka sulit dibedakan. Orang dengan flu biasanya memiliki gejala yang sama, tapi bisa lebih buruk. Anak juga mungkin merasa sangat lelah, sakit badan dan perut dan demam. Flu dapat didiagnosis oleh dokter dan, dalam beberapa kasus, diobati dengan obat antivirus.

Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Pilek dan flu dapat menyebar dengan mudah di antara anak-anak, khususnya mereka yang bersekolah setiap hari. Untuk menghindari infeksi, penting untuk mengajarkan anak Anda tentang kebersihan baik di sekolah ataupun di rumah. Ajarkan anak Anda untuk mencuci tangan mereka dengan sabun dan air selama 15 sampai 20 detik setelah bermain di luar, sebelum makan, setelah batuk atau bersin. Anak-anak hanya perlu menggunakan pembersih alkohol dengan pengawasan orang dewasa. Menggunakan desinfektan ini, pastikan anak Anda menggosok tangan sampai kering. Beritahu anak Anda saat bersin hidung dan mulut harus dibersihkan dengan tisu. Pastikan untuk membersihkan mainan atau benda lain dari sekolah.

Vaksinasi

Anak-anak antara enam bulan dan lima tahun beresiko tinggi terserang komplikasi flu. Cara terbaik untuk mencegahnya, anak Anda harus divaksinasi. Jenis yang paling umum dari vaksinasi adalah vaksinasi flu, tetapi juga tersedia obat flu semprot hidung. Tanyakan dokter anak pilihana apa yang tepat untk anak. Umumnya, waktu terbaik untuk mendapatkan vaksinasi adalah bulan Oktober atau November, tetapi disarankan untuk melakukannya pada bulan Desember. Kadang-kadang, selain rasa dingin, anak juga memiliki sakit tenggorokan. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan harus dihilangkan dalam beberapa hari. Jika sakit tenggorokan terus berlanjut seperti kesulitan menelan, pembengkakan kelenjar, batuk berdahak atau lecet di tenggorokan, hubungi dokter.

Memilih jenis suplemen

Ini adalah mitos umum bahwa makan banyak vitamin C dapat mencegah flu. Penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu, tapi tidak bisa diverifikasi. Namun, vitamin C sendiri dapat membantu meringankan gejala flu atau memperpendek durasi. Hidung tersumbat menyebabkan tubuh kehilangan air. Berikan anak Anda banyak air dan jus untuk menjaganya terhidrasi. Pastikan anak memakan makanan kecil dan camilan sehat,. Sup sayuran atau ayam, nasi dan mie adalah sumber energi dan gizi.

Periksa gejala anak Anda, terutama suhu. Jika anak mengalami demam tinggi, gunakan humidifier atau vaporizer. Anda juga dapat memberikan dosis yang tepat acetaminophen (Tylenol) untuk mengurangi demam dan mengurangi rasa sakit. Jangan pernah memberikan aspirin kepada anak-anak atau remaja yang memiliki gejala flu, terutama demam, tanpa konsultasi dokter.

Dari semuanya yang terpenting adalah; jika anak memiliki gejala pilek atau flu dan bahkan sedikit demam, jangan sampai Anda meninggalkan mereka dirumah sendirian. Ini bisa berbahaya.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *