Terlalu Banyak Tidur? Awas Masalah Kesehatan Datang

Terlalu Banyak Tidur Awas Masalah Kesehatan Datang

Bagi orang yang sudah dewasa, kebiasaan tidur 7 hingga 9 jam pada malam hari merupakan waktu istirahat yang cukup berkualitas. Kurang dari itu, maka kita akan menemui beragam masalah kesehatan yang akan menimpa.

Tapi bagaimana kalau kita memiliki kebiasaan tidur yang lebih dari 9 jam? Alih-alih segar, terlalu banyak tidur justru akan memicu berbagai masalah kesehatan pula. Hal ini sudah dibuktikan melalui berbagai macam penelitian. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang akan timbul kala anda terlalu banyak tidur.

Berikut adalah beberapa masalah yang timbul menurut sebuah artikel yang kami runut dari ruang kesehatan Huffington Post

kerusakan otak

Melalui sebuah riset yang dilakukan di tahun 2012, jam tidur yang terlalu banyak ternyata justru akan merusak kinerja otak kita. Seorang peneliti mengungkapkan bahwa wanita yang tidur lebih dari 9 jam setiap malamnya atau justru kurang dari lima jam perhari akan mengalami penuaan usia otak hingga dua tahun lebih dini. Bagi mereka yang sudah lansia – tidur terlalu banyak akan mempengaruhi fungsi otak ini lebih cepat lagi.

sulit hamil

Terlalu banyak tidur ternyata mengakibatkan peningkatan resiko gangguan kehamilan. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, tim peneliti yang berasal dari Korea Selatan mencoba meneliti kebiasaan tidur pada 650 wanita yang menggunakan program bayi tabung.

Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kehamilan tinggi terjadi pada mereka yang tidur antara 7 hingga 8 ham perhari sedangkan kehamilan rendah menimpa mereka yang tidur lebih dari 9 jam perharinya.

Hal ini diperkuat juga oleh pernyataan dari Dr. Evan Rosenbluth, ahli Endokrinologi Reproduksi yang menyampaikan bahwa pola tidur yang buruk akan mengubah irama sikardian tubuh seseorang termasuk sekresi hormon hingga siklus menstruasi.

depresi

Kali ini penelitian dilakukan pada tahun 2014 dimana para peneliti menemukan resiko gejala depresi akan dialami oleh mereka yang tidur terlalu banyak. Dalam penelitian ini mereka yang tidur lebih dari 9 jam perhari akan mengalami tingkat resiko 49% lebih banyak untuk mengalami depresi dibandingkan mereka yang tidur 7-9 jam perhari yang hanya memiliki tingkat resiko 27%.

obesitas

Nah ini mungkin yang paling umum, mereka-mereka yang terlalu banyak tidur biasanya akan mengalami obesitas. Penelitian selama enam tahun di Quebec Kanada membuktikan bahwa orang-orang yang tidur terlalu lama biasanya lebih gemuk dari orang dengan masa tidur yang cukup.

Melalui penelitian tersebut diambil kesimpulan bahwa mereka yang tidur lebih dari 9 jam akan menghadapi resiko kegemukan sekitar 25 dibandingkan mereka yang tidurnya normal. Tingkat penambahan berat badan ini sekitar 5 kg.

resiko diabetes

Masih dari lokasi penelitian yang sama seperti Obesitas, selain masalah kegemukan, orang yang tidur lebih banyak daripada waktu normal akan menghadapi resiko diabetes tipe 2 dua kali lebih tinggi dari mereka yang tidurnya antara 7-9 jam perhari setiap malam.

ancaman penyakit jantung

Para peneliti di American College of Cardiology pada tahun 2012 mempresentasikan penemuan yang mereka dapatkan – yang dihasilkan setelah melakukan analisis pada tiga ribu orang subject. Penemuan tersebut adalah ditemukannya resiko masalah pada jantung pada orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam setiap malamnya. Mereka yang tidur terlalu lama akan memperoleh resiko penyakit angin duduk dan ditengarai dapat tertimpa penyakit jantung koroner lebih dini.

usia hidup

Karena buruknya jam tidur seseorang, beberapa penelitian pun mengaitkannya pada rentang usia hidup. Pada tahun 2010, 16 penelitian membuktikan orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam perhari mengalami 1.3x resiko usia hidup lebih pendek atau kematian lebih awal. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan lebih dari 1.4 juta test subject.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *