Sakit Pinggang Pada Wanita Hamil dan Solusinya

Hamil merupakan anugrah yang didambakan oleh setiap kaum wanita yang sudah menikah. Namum, pada masa di mana saat kehamilan berjalan masalah kesehatan pasti terjadi (seperti : seberapa asupan gizi yang harus di dapat, kelelahan, stress, bahkan rasa nyeri di bagian punggung belakang)

Dalam sebuah penelian pada ibu-ibu hamil, menunjukkan bahwa rasa nyeri di bagian punggung belakang pada kehamilan biasanya terjadi antara bulan kelima dan ketujuh saat hamil. Tapi dalam beberapa kasus, nyeri punggung belakang dapat terjadi antara 8 sampai 12 minggu setelah hamil.

sakit pinggang pada wanita hamil

sakit pinggang pada wanita hamil

Pelu diketahui bahwa rasa nyeri di bagian punggung belakang atau yang sering kita kenal dengan sakit pinggang dapat membahayakan wanita hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Jadi perlunya pengetahuan akan faktor penyebab dan solusi yang bisa di lakukan dapat berguna bagi anda para wanita hamil.

Faktor penyebab :
1. Berat badan.
Selama kehamilan, wanita biasanya mendapatkan berat tambahan (Berat bayi dan rahim), yang mempengaruhi otot anda untuk lebih banyak bekerja sehingga mengakibatkan masalah pada sendi, bahkan pinggang anda.

2. Perubahan postur.
Membesarnya rahim ke depan mempengaruhi organ-organ pada tubuh, seperti perubahan pada pusat gravitasi, membuat otot-otot anda lemah, mengubah postur tubuh anda serta memberikan tekanan pada punggung belakang anda. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri pinggang apabila itu menekan pada saraf.

3. Perubahan hormon.
Selama kehamilan, tubuh Anda secara terus-menerus membuat hormon yang disebut relaksin. Hormon ini memungkinkan ligamen di daerah panggul untuk menjadi lebih longgar. Melonggarnya sendi dan ligamen dapat menyebabkan rasa sakit saat anda berjalan, berdiri , bahkan sakit pinggang setelah anda tidur atau duduk dalam waktu yang lama.

4. Stres.
Stres emosional dapat menyebabkan ketegangan otot pada area belakang punggung, yang mungkin dirasakan sebagai nyeri pinggang.
Solusi yang dapat anda lakukan :

  1. Olahraga teratur dapat memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas, yang dapat meringankan stres pada tulang belakang Anda. Olahraga yang aman bagi kebanyakan wanita hamil termasuk berjalan, berenang, dan bersepeda santai.
  2. Pijatan lembut dapat meredakan sakit pinggang anda, tetapi efeknya cenderung bersifat sementara. Memijat dengan orang yang ahli dalam memijat supaya benar-benar memberi efek pada pinggang anda.
  3. Makan dan minumah yang sehat. Mengkomsusmsi makanan dan minuman yang baik (sayuran, buah, susu, dll) dapat menyehatkan tubuh, janin, dan tulang anda.
  4. Meditasi atau Rileksasi. Membuat hati dan pikiran anda nyaman dapat membantu mengurangi rasa sakit pinggang, menikmati pemandangan, bersantai di tanah rumput yang segar dan sejuk.
  5. Obat sakit pinggang yang aman dan cepat bereaksi pada nyeri pinggang anda seperti GAMAT EMAS. Kapsul gamat sangat efektif dalam mengatasi nyeri sendi dan sakit pinggang dengan bahan alami. AMAN digunakan untuk wanita hamil sekalipun karena tanpa efek samping.
Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *