Resep Menurunkan Kadar Trigliserida Tinggi

Siapa pun orangnya tidak akan pernah mau menderita sakit, apalagi jika sakitnya parah dan mengancam kehidupan seperti stroke dan serangan jantung. Penyakit ini bisa jadi disebabkan oleh kadar trigliserida tinggi dalam darah. Apa itu trigliserida? Anda bisa membacanya dalam artikel kami sebelumnya di link tersebut. Dalam artikel ini akan dipaparkan solusi terbaik untuk mengatasi kadar trigliserida tersebut, bagaimana cara menurunkannya dan bagaimana mendapatkan tubuh sehat tanpa penyakit seperti serangan jantung.

Trigliserida Tinggi

Mengapa Kadar Trigliserida Bisa Meningkat

Secara sederhana, trigliserida ini merupakan sebuah bentuk dari lemak atau lipid. Trigliserida ini merupakan gabungan dari tiga asam lemak dan berkombinasi dengan molekul gliserol. Selain berasal dari makanan, trigliserida ini juga diproduksi oleh tubuh. Nah, bagaimana kadar trigliserida tinggi? Proses terjadinya sebenarnya terjadi saat Anda sedang makan. Saat Anda mengonsumsi sejumlah kalori dan diserap oleh tubuh atau digunakan untuk menghasilkan energi. Namun, jika kalori ini ada sisanya, itulah yang akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk trigliserida. Naasnya, jika memakan makanan dengan porsi yang terus-terusan banyak dan tidak seimbang dengan aktivitas, kemungkinan penumpukan trigliserida juga semakin banyak. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab tingginya kadar trigliserida. Dalam jumlah normal pada tes darah di laboratorium, kadar trigliserida bisa dikatakan normal dan dalam batas wajar jika masih dalam rentang 10 hingga 190 mg/dL. Untuk lebih jelasnya, klik di sini.

Akibat dari Kadar Trigliserida Tinggi

Trigliserida yang tinggi selain dapat menyebabkan dua penyakit di atas, stroke dan serangan jantung juga bisa mengakibatkan penyakit pankreatitis. Apa itu pankreatitis?

Pankreatitis adalah salah satu gangguan kesehatan yang menyerang daerah pankreas Anda. Pada kasus pankreatitis, terjadi peradangan pada organ tubuh Anda tersebut. Seperti diketahui, pankreas memiliki peran yang sangat vital bagi tubuh yakni sebagai penghasil enzim pencernaan, mensekresi insulin, dan glukalon. Pankreatitis bisa terjadi jika kadar trigliserida mencapai 500 mg/dL. Saat ini terjadi, Anda patut ekstra hati-hati. Segala usaha harus Anda lakukan untuk menurunkan kadar trigliserida Anda. Pasalnya, angka 500 mg/dL ke atas sudah masuk dalam kadar yang sangat tinggi dari trigliserida ini. Lalu bagaimana gejala pankreatitis?

Gejala umum dari peradangan pankreas adalah rasa sakit di perut bagian atas dan akan menjalar hingga perut belakang. Rasa sakit ini tidak terasa pada awalnya, akan tetapi terus bertambah secara bertahap. Tidak hanya itu, penyakit ini juga biasanya terasa sangat mengganggu ketika selesai makan. Adanya pembengkakan pada perut, mual, muntah, nyeri perut, dan demam. Dalam kasus lanjut, pankreatitis yang bergabung dengan serangan jantung akan mengakibatkan komplikasi yang parah serta merembet ke organ penting lainnya seperti ginjal, jantung, dan paru-paru.

Ini Dia Resep dan Solusi Menurunkan Kadar Trigliserida Tinggi

Tentunya, cara paling praktis untuk menghindari kadar trigliserida yang tinggi dalam darah adalah dengan mengontrol jumlah porsi makanan dalam sehari. Sehingga kebutuhan kalor dan asupan makanan menjadi lebih seimbang, tidak berlebih dan tidak ada lagi yang disimpan oleh tubuh sebagai trigliserida.

Namun, jika Anda sudah terlanjur memiliki kadar yang sudah 200 atau di atasnya, olahraga dan pola hidup sehat harus Anda lakukan selain dapat diobati menggunakan suplemen mentimun laut yang sudah diteliti oleh para peneliti di luar negeri. Kandungan GAGs dalam mentimun laut direkomendasikan khusus untuk melawan kadar trigliserida tinggi dalam darah. Dan di Indonesia sendiri, suplemen ini sudah berwujud kapsul Gamalife HPAI. Sebagai tambahan, kapsul mentimun laut ini juga sudah diteliti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hasil penelitian ini dipublikasikan pada tahun 2013.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *