Pengertian Trigliserida adalah, Bahaya dan Cara Mengatasinya

Trigliserida adalah sebuah senyawa yang ada di dalam makanan dan dibutuhkan oleh tubuh. Trigliserida ini mirip sekali dengan kolesterol, dia dibutuhkan tetapi juga tidak diinginkan jika terlalu berlebihan. Dalam kaitannya dengan kebutuhan, trigliserida ini memang bisa diubah menjadi sel-sel lemak ketika berada dalam tubuh, sehingga dapat menjadi sumber energi bagi tubuh manusia. Namun, jika kadar trigliserida ini terlalu banyak, maka siapa pun manusianya tidak menginginkan hal ini dan harus segera menurunkannya.

trigliserida adalah

Perbedaan kolesterol dengan trigliserida terletak pada kebutuhan tubuh saja. Jika kolesterol difungsikan untuk membentuk sel, lain halnya dengan trigliserida yang dimanfaatkan sebagai sumber protein. Dua peranan ini tidak bisa diabaikan, sama penting jika jumlahnya pas dan sama tidak penting jika jumlahnya berlebihan. Kenapa demikian? Sama dengan kolesterol, trigliserida juga bisa menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke karena mampu mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Bedanya, trigliserida ini bahkan bisa menyebabkan pankreatitis atau radang pankreas. Hal ini karena kelebihan trigliserida mampu mempengaruhi kinerja pankreas.

Berapa kadar normal trigliserida?

Mengukur kadar trigliserida bisa dilakukan dengan tes darah lengkap. Dengan hasil tes darah ini akan diketahui berapa banyak kadar trigliseridanya. Secara normal, kadar trigliserida adalah di bawah 150 mg/dL. Sementara itu, jika kadar trigliserida adalah 150 – 199 mg/dL maka ini sudah menjadi perbatasan antara normal dan tinggi. Artinya, Anda tetap harus waspada dan menurunkan kadar tersebut dengan cara berpola hidup sehat. Apalagi jika Anda memiliki kadar trigliserida sebesar 200 – 499 mg/dL, ini menunjukkan bahwa kadar tersebut sudah dalam level tinggi. Anda harus segera menurunkannya karena saat inilah jantung koroner dan stroke sedang membayangi kesehatan Anda. Terlebih lagi jika kadar tersebut terus menerus naik hingga level di atas 500 mg/dL, maka sudah saatnya Anda benar-benar menurunkan kadar tersebut, segera.

The American Heart Association (AHA) memberikan rekomendasi kepada semua orang untuk menjaga kadar trigliserida ini dalam batas kurang dari atau sama dengan 100 mg/dL saja. Kadar trigliserida yang kurang dari 100 mg/dL akan mampu meningkatkan kinerja jantung. Tetapi, AHA tidak menyarankan untuk mengonsumsi obat-obatan untuk memperoleh level ini.

Lalu, Bagaimanakah cara menurunkan kadar trigliserida?

Sudah disebutkan sekilas di atas bahwa cara menurunkan trigliserida adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Bagaimana bisa? Penyebab tingginya kadar trigliserida ini sangatlah banyak, seperti asupan makanan, kurang olahraga, obesitas, dan lain-lain. Bahkan tekanan darah tinggi juga bisa memicu terjadinya kadar trigliserida yang tinggi jika tidak segera ditangani dengan cara yang benar.

Secara rinci, berikut hal-hal yang bisa Anda lalukan untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah;

Pertama, melakukan olahraga 30 hingga 40 menit setiap hari

Apa yang Anda lakukan ini sangat bermanfaat untuk Anda. Jika Anda merasa tidak punya waktu untuk melakukan olahraga, Anda harus terus menyemangati diri Anda untuk mendapatkan hidup sehat. Jangan pernah menganggap remeh kemungkinan terjadinya penyakit akibat kadar trigliserida ini.

Kedua, mengurangi makanan yang mengandung zat gula

Sudah saatnya Anda mengurangi konsumsi makanan manis. Akan lebih baik jika Anda mengganti gula dengan makanan yang lebih sehat atau gula alami. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen alami Gamalife HPAI untuk menurunkan kadar tersebut.

Ketiga, kurangi makan junk food dan olahan tidak sehat lainnya

Cara ketiga untuk menurunkan trigliserida adalah tidak mengonsumsi junkfood. Junk food hanya akan membuat Anda merasakan enak sesaat serta mengenyangkan perut Anda. Namun, hal ini tidak akan membuat sehat tubuh Anda. Kesehatan adalah investasi, jika Anda terus menerus mengonsumsi makanan sampah (junk food) ini, maka investasi Anda (kesehatan) akan minus.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *