Mengenal Penyebab Darah Tinggi

Mengenal Penyebab Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi atau hipertensi menjadi kian umum di masyarakat dewasa ini, terlebih di kalangan masyarakat perkotaan. Padahal hipertensi ini termasuk cukup berbahaya jika tidak mendapatkan perawatan atau tidak memiliki keteraturan gaya hidup.

Karena darah tinggi sanggup mengakibatkan stroke, serangan jatuh dan juga gagal ginjal – akibat terburuknya tentu saja adalah kematian. Jika anda belum mengidapnya, jangan sampai. Jaga terus kesehatan anda dan hindari hal-hal yang bisa membuat anda mengidapnya. Jika anda sudah terlanjur menderita penyakit ini? Maka mau tidak mau anda harus berusaha mengendalikannya. Mengapa darah tinggi meningkat? Kita dapat membayangkan aliran darah bagaikan laju air dalam selang ketika anda sedang menyirami tanaman atau mencuci mobil.

Ketika ujung selang tersebut anda pencet, otomatis aliran air yang mengalir akan berubah menjadi semprotan yang cukup kencang. Demikian pula jika anda memaksimalkan keran air, aliran air yang melaju dari selang anda juga kian kencang. Mirip seperti selang, saat terjadi penyempitan pembuluh darah dalam tubuh kita, maka aliran darah yang melaju kian kencang dan makin kencang sementara jumlah darah mengalir kian meningkat.

Ada beberapa penyebab timbulnya penyakit darah tinggi sayangnya ada beberapa penyebab tersebut yang tidak dapat anda kendalikan.

  • Faktor Keturunan – tentu anda tidak bisa mengontrol hal ini. Jika ada anggota keluarga kita, misalnya orang tua atau saudara, terlebih yang hubungannya cukup dekat memiliki catatan mengidap penyakit darah tinggi maka besar kemungkinan anda akan terkena penyakit yang sama. Secara ilmiah telah dibuktikan bahwa ketika menurunkan gen pada anak, orang tua juga akan menurunkan penyakit ini bersamanya.
  • Faktor Usia – lagi-lagi bukan sesuatu yang dapat anda kontrol, riset membuktikan bahwa makin bertambah usia kita maka makin meningkat pula tekanan darah tinggi yang kita miliki. Seorang pemuda dan kakek-kakek mestinya memiliki tekanan darah tinggi yang berbeda
  • Obesitas atau Kegemukan – nah akhirnya sesuatu yang dapat anda atur atau kontrol. Berdasarkan catatan riset, orang yang memiliki berat badan lebih dari 30% berat badan ideal akan memiliki kans lebih besar mengalami penyakit darah tinggi.
  • Rokok – kembali salah satu faktor yang dapat anda kontrol. Rokok adalah momok dan biang keladi dari banyak sekali jenis penyakit, satu diantaranya adalah darah tinggi ini. Jika anda memiliki hipertensi dan masih juga merokok, maka anda akan meningkatkan kombinasi mematikan dari stroke, serangan jantung dan diabetes.
  • Kurang Olahraga – kurang olahraga dan gerak mengakibatkan tekanan darah meningkat. Olahraga secara teratur akan dapat mengurangi tekanan darah tersebut namun jika anda sudah mengidap penyakit ini ada baiknya anda tidak terlalu memforsir diri untuk melakukan olahraga yang berat dan melakukan olahraga ringan saja asal tetap rutin.
  • Kafein, Kolesterol, Alkohol – adalah beberapa bahan makanan dan minuman yang akan meningkatkan kadar tekanan darah tinggi anda. Lebih baik mulai sekarang anda mengurangi konsumsi zat-zat tersebut atau malah berhenti sama sekali. Kafein dapat anda temui pada minuman seperti kopi, teh dan minuman bersoda, kolesterol akan meningkatkan lemak dan obesitas dan alkohol tentu tidak perlu lagi dijelaskan bahayanya.
  • Garam – mengurangi asupan dari natrium pada makanan yang kita telan akan mengurangi tekanan darah. Natrium sendiri pada umumnya dikaitkan dengan garam dimana garam yang kita kenal memiliki kandungan 40% natrium.
  • Stress – yang terakhir adalah stress yang disebut-sebut sebagai salah satu aktor utama peningkatan darah tinggi. Kecemasan, rasa panik dan tingkat stress apalagi yang akumulatif akan mengakibatkan meningkatnya tekanan darah tinggi – walaupun kadang sifatnya hanya sementara. Namun tetap harus diwaspadai.

Setelah mengenal berbagai macam penyebab dari darah tinggi, ada baiknya mulai sekarang kita menghindari atau bahkan tidak melakukan/mengkonsumsinya sama sekali – terutama jika tekanan darah tinggi anda amat tinggi. Waspada dan jaga tubuh anda.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *