Mari Kenali Gejala Rematik Agar Hidup Lebih Sehat

Linu atau nyeri pada bagian tangan dan kaki merupakan bagian dari gejala rematik. Biasanya, penyakit ini bertambah parah seiring bertambahnya usia manusia. Tingkat keparahannya pun berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang sampai tidak bisa bergerak atau bisa bergerak namun terbatas. Kedua hal yang merupakan dampak negatif dari rematik ini mau tidak mau harus dihindari. Pasalnya, orang mana pun tidak ada yang mau menderitanya. Karena dengan tidak bisa beraktivitas, berarti hak untuk meraih kesehatan dan awet muda tidak lagi ada untuk seseorang. Jadi, jika Anda mulai merasakan nyeri, ada baiknya Anda waspada. Namun demikian, Anda perlu tahu dengan detail, apakah nyeri dan linu yang Anda rasakan tersebut efek dari rematik? Untuk menjawab ya atau tidak untuk pertanyaan ini, Anda perlu membaca artikel ini secara keseluruhan;

Gejala Rematik

Ketahui gejala rematik dan dapatkan kesehatan yang lebih baik

Pertama, luka yang tidak mudah disembuhkan

Jika Anda pernah jatuh dan menyebabkan kaki Anda  terkilir dan telah Anda lakukan pengobatan tetapi belum mendapatkan hasil, Anda patut berhati-hati. Kemungkinan besar hal ini adalah sebuah gejala dari rematik atau rheumatoid arthritis yang dapat membuat kaki Anda susah beraktivitas secara permanen. Kasus rematik yang seperti ini biasanya ditemukan pada orang yang usianya masih muda atau masih produktif.  Oleh karena itu, sangat bijak jika Anda tidak hanya mengobatinya dari luar saja, tetapi juga mengobati rematik dari dalam.

Kedua, kesemutan dan kram di pergelangan tangan dan jari-jarinya

Kram dan kesemutan yang mendera tangan Anda tidak selamanya normal, ada kalanya hal tersebut merupakan gejala rematik dan jika dibiarkan terus akan mengakibatkan banyak dampak negatif. Anda sudah mulai harus waspada saat kesemutan Anda alami dalam frekuensi yang banyak dan sangat menyiksa saat malam hari. Selain kesemutan dan kram, rasa nyeri dan mati rasa juga biasanya ikut menyertai gejala ini.

Ketiga, pasangan sendi

Yang dimaksud dengan pasangan sendi adalah kejadian di mana Anda merasakan sakit pada daerah sendi lutut kanan, maka persendian sebelah kiri juga akan terasa sangat menyiksa. Rematik menghadirkan sensasi nyeri pada dua bagian secara seimbang. Tidak hanya itu, rasa sakit ini juga tidak hanya bertahan dalam satu dua hari saja, melainkan lebih dari satu minggu. Ini merupakan gejala yang sangat mudah untuk dirasakan dan diketahui.

Namun demikian, masih banyak kekeliruan diagnosa gejala dari rematik ini menjadi penyakit seperti sindrom fatigue kronis atau fibromyalgia. Terkadang seseorang juga menganggap gejala ini sebagai gejala osteoarthritis karena letaknya pada sendi. Solusinya, Anda bisa menggunakan obat yang khusus dibuat untuk gangguan sendi, baik rematik maupun osteoarthritis, seperti ekstrak gamat emas.

Keempat, kaku di pagi hari

Persendian kaku pada pagi hari juga merupakan bagian dari penyakit yang satu ini. Terkadang dengan hal ini Anda akan menjadi tidak bisa beraktivitas layaknya hari-hari biasa. Sayangnya, gejala ini juga bisa jadi terjadi pada penderita osteoarthritis, untuk membedakannya nyeri atau kaku pada rematik biasanya lebih lama dibanding osteoarthritis. Bahkan hingga seharian. Solusinya, lakukan olahraga sedikit demi sedikit untuk melatih otot Anda.

Kelima, gangguan penglihatan

Terkadang penyakit rematik akan membuat Anda kehilangan sebagian fungsi penglihatan. Dalam hal ini, penglihatan menjadi lebih kabur, mata kering, hidung kering, dan lain sebagainya. Gejala seperti ini dikenal juga dengan nama sindrom Sjogrens. Gejala yang satu ini bisa terjadi pada pasien rematik dalam stadium awal, namun bukan satu-satunya gejala.

Keenam, benjolan

Gejala yang mudah dilihat adalah adanya benjolan pada sekitar persendian. Bagian ini biasanya muncul pada rheumatoid yang sudah lanjut. Namun demikian, tidak menurup kemungkinan seseorang yang baru terkena rematik juga merasakan gejala ini.

Ketujuh, sendi terkunci

Anda yang menderita rematik sangat mungkin mengalami sendi terkunci pada bagian lutut dan siku. Tentu saja hal ini akan membatasi gerak Anda. Hal ini karena banyak sekali pembengkakan (benjolan – poin enam) yang ada di sekitar tendon. Jika dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan kista.

Itulah 6 gejala rematik yang mungkin diderita oleh seorang penderita baik dalam kategori awal maupun lanjut. Beberapa gejala masih mungkin dirasakan, misalnya kram kaki, atau gangguan sendi lainnya.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *