Manfaat Lidah Buaya Yang Harus Anda Tahu

Lidah buaya merupakan tanaman yang digunakan untuk mengobati luka bakar dan berbagai jenis luka. Tanaman ini sama dengan kaktus dan menghasilkan dua zat: gel dan lateks. Lidah buaya dapat tumbuh di rumah. Tanaman ini asli dari daerah tropis dan subtropis Afrika Selatan, Amerika Latin dan Karibia. Pun salah satu tanaman yang paling banyak digunakan di abad kedelapan belas dan kesembilan belas. Apa saja kegunaannya bagi kesehatan?

Manfaat Lidah Buaya Yang Harus Anda Tahu

Sistem Kekebalan

Ekstrak lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati leukemia dan meningkatkan daya tahan tubuh pada hewan. Namun, meskipun efektif pada hewan, tidak ada studi konklusif menunjukkan bahwa kemanjurannya juga terajadi pada sistem kekebalan tubuh manusia. Penelitian lain yang dilaporkan oleh Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering menunjukkan bahwa bahan kimia yang mengandung beberapa efek imunomodulator dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam melawan patogen dan kanker.

Kencing Manis

Studi awal dilaporkan oleh Medical Center dari University of Maryland (UMMC) menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah pada orang yang menderita diabetes. UMMC mengatakan penelitian lebih lanjut untuk sepenuhnya mengevaluasi bagaimana suplemen ini dapat diintegrasikan ke dalam protokol pengobatan yang dibutuhkan.

Melindungi hati

Pemberian lidah buaya pada kemoterapi memberikan manfaat pada orang yang menderita kanker metastatik. Hal ini mungkin disebabkan oleh efek perlindungan lidah buaya di hati, kunci dalam metabolisme obat-obat kemoterapi dan racun ekskresi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2004, menemukan bahwa ekstrak daun lidah buaya memiliki efek perlindungan pada hati ketika tubuh terkena bahan kimia beracun, lidah buaya mengurangi tingkat penanda serum enzim hati yang hadir dalam tubuh ketika hati sedang terkena racun.

Gangguan pencernaan

Menurut Medical Center dari University of Maryland, jus lidah buaya yang berasal dari kulit daun tanaman memiliki bahan kimia yang ampuh sebagai obat pencahar. Namun, bahan kimia ini dapat menyebabkan kram menyakitkan dan produk ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai pencahar karena efek samping gastrointestinal tinggi di dalamnya. Aloe lateks dalam hasil jus akan menhilangkan kalium dalam sel-sel yang melapisi usus. Jika terus digunakan sebagai pencahar dapat menyebabkan kelumpuhan usus. Untuk alasan ini, FDA (singkatan untuk Food and Drug Administration) menghapus ektrak lidah buaya dari pasar yang mengandung bahan kimia pada tahun 2002 lalu.

Mengurangi lemak tubuh

Untuk mempertahankan protein yang kita konsumsi sangat penting mengkonsumsi lidah buaya, didalamnya mengandung 22 asam amino yang 8 diantaranya sangat dibutuhkan bagi tubuh. Sebagai asam lemak, lidah buaya memiliki 3 sterol, protagonis dari pengurangan lemak darah dan mengurangi alergi serta meredakan gangguan pencernaan.

Sistem kekebalan tubuh

Polisakarida yang merangsang makrofag, lebih dikenal sebagai sel-sel darah putih adalah zat yang membantu melawan virus. Asupan lidah buaya memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tahan terhadap serangan virus atau penyakit. Lidah buaya saat ini dapat dikonsumsi secara alami dan daunnya pun bisa dibuat jus, atau dalam bentuk kapsul dan bubuk. Namun sangat disarankan untuk terlebih dahlu konsultasi pada dokter atau tim medis sebelum Anda menggunakan lidah buaya sebagai vitamin. Sebab, bagi beberapa orang ldah buaya tidak bisa bekerja dengan baik, bahkan bisa membahayakan. Jadi sekali lagi kami sarankan untuk berhati-hati, dan jangan konsumsi berlebihan.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *