Makanan Yang Tidak Dan Boleh Dikonsumsi Menjelang Tidur

Makanan Yang Tidak Dan Boleh Dikonsumsi Menjelang Tidur

Kita akan membahas seputar makanan yang tidak dan boleh dikonsumsi menjelang tidur. Kita tahu makanan mengandung zat-zat yang bisa mempengaruhi kerja organ-organ tubuh. Oleh sebab itu anda tidak boleh sembarangan memilih makanan karena itu berpengaruh terhadap kesehatan anda. Karena beragam alasan, banyak yang menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi makanan pada malam hari menjelang tidur. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Alkohol sebaiknya dihindari. Tidak peduli seberapa sukanya anda terhadap minuman ini, namun sangat disarankan untuk meminumnya menjelang tidur. Alkohol bisa hadir dalam beragam jenis minuman. Banyak yang menganggap bahwa bir membuat kita mengantuk sehingga menjadi cepat tidur, padahal bir membuat tubuh hangat dan membuatnya kehilangan ketenangn. Alkohol juga mempengaruhi energi anda saat baru bangun tidur. Banyak orang yang pernah “teler” menceritakan bahwa mereka bangun dengan kondisi tubuh tidak segar.

Jenis makanan lain yang sebaiknya dihindari adalah makanan berprotein. Kita tahu zat ini sangat baik untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Sekalipun manfaatnya sangat besar, namun kebanyakan konsumsi protein justru membuat tidur anda terganggu. Alasannya adalah protein merupakan substansi yang berfungsi untuk membangkitkan energi. Sebagai akibatnya, tubuh jadi kesulitan untuk tenang. Tubuh perlu berada pada kondisi rileks agar bisa cepat tertidur. Efek mengkonsumsi makanan berprotein tinggi pada malam hari adalah anda menjadi susah untuk tidur dan mencari-cari kesibukan untuk menyalurkan energi yang masuk dari protein yang dikonsumsi. Sebagai gantinya, lebih baik anda mengkonsumsi makanan berkarbohidrat, namun tetap minim protein.

Makanan pedas juga sebaiknya dihindari. Alasannya sangat jelas. Makan makanan pedas bukannya membuat tubuh menjadi tenang, namun anda akan menjadi gelisah karena mulut menjadi pedas. Bukan hanya itu, makanan pedas juga bisa meningkatkan suhu tubuh dan tidak baik untuk perut. Terlalu banyak makan pedas akan membuat perut sakit sehingga anda kesulitan untuk menenangkan diri sebelum tidur. Mengkonsumsi kafein juga tidak disarankan terkecuali jika anda ingin begadang. Mereka yang ingin begadang biasanya meminum satu gelas kopi untuk menjaga saraf-saraf tetap aktif dan mengurangi kantuk. Mengkonsumsi kafein akan membuat anda gelisah dan ingin melepaskan energi dengan beraktivitas.

Setelah mengetahui beberapa makanan dan minuman yang tidak disarankan sebelum tidur, berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi karena bisa membantu tidur. Cherry sangat baik karena kaya akan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur manusia. Ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus buah berry sebelum tidur mengurangi penyakit insomnia yang diderita. Biji-bijian juga baik. Ini bukan hanya baik dikonsumsi pada siang hari, namun juga pada malam hari menjelang tidur. Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan oleh The Journal of Orthomolecular Medicine, kekurangan konsumsi magnesium akan membuat seseorang kesulitan untuk tidur. Untuk membantu tidur, sebaiknya konsumsi biji-bijian yang mengandung banyak magnesium. Konsumsi magnesium cukup, anda akan terdorong untuk tidur dan mata anda lebih cepat tertutup.

Sumber makanan lain yang bisa anda coba adalah pisang. Pisang mengandung banyak nutrisi penting, seperti magnesium dan potasium. Kedua jenis zat ini memberikan efek menenangkan. Ada pula kandungan asam aminonya yang mendorong otak untuk merilis senyawa serotonin. Ini akan membantu anda lebih cepat tertidur. Tanpa kandungan lemak dan hanya 110 kalori per sajian, pisang merupakan sumber makanan yang sangat baik sebelum tidur. Berikutnya, anda juga bisa mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam. Kandungan folat yang tinggi di dalamnya mampu membantu seseorang untuk tidur lebih cepat.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *