Makanan untuk Penyakit Maag

Penyakit maag merupakan jenis penyakit yang umum diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini menyerang lambung dan membuat lambung terasa perih. Tak heran jika perihnya lambung ini terasa hingga permukaan, dalam hal ini perut. Buruknya, rasa sakit yang diderita tak hanya di daerah tersebut. Karena pada maag yang sudah kronis, rasa sakit ini merambah ke bagian atas yakni dada. Tentunya hal ini akan sangat menyiksa penderitanya.

Makanan untuk Penyakit Maag

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit maag. Cara pencegahan yang dimaksud di sini adalah pencegahan terhadap terjangkitnya seseorang akan maag dan mencegah memburuknya keadaan atau meningkatnya tingkat keparahan penyakit. Seperti diketahui, maag hadir secara bertahap, dari ringan hingga berat, dari yang biasa saja hingga kronis dan akut. Salah satu cara untuk menghindarkan Anda dari kemungkinan-kemungkinan tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Khusus untuk maag, selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga tidak diperkenankan memakan makanan yang dapat mengakibatkan pada kenaikan asam lambung, salah satunya makanan pedas.

Nah, artikel ini akan membahas keduanya secara berimbang, makanan yang baik dan makanan yang buruk untuk penderita maag.

Makanan yang baik dan buruk untuk penderita maag

Inilah makanan khusus untuk penyakit maag;

Pertama, kentang

Kentang memiliki sifat basa, Anda bisa mengonsumsi menu makanan ini saat pagi hari atau siang hari. kentang juga merupakan sumber karbohidrat, untuk itu tidak perlu khawatir aktivitas Anda terganggu dengan mengonsumsi kentang. Caranya adalah dengan direbus atau dibuat jus.

Kedua, pisang

Pisang yang sudah matang memiliki kadar kalium yang banyak. Kandungan ini juga bisa Anda temukan pada melon, tomat, dan pepaya. Kandungan ini sangat penting dalam menjaga keseimbangan asam dan basa dalam lambung. Di samping itu, pisang juga dapat mengenyangkan perut sehingga menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi.

Ketiga, kol

Salah satu dokter Michael T Murray yang berasal dari Washington menyatakan bahwa kol dapat digunakan untuk mencegah terjadinya maag. Hal ini karena kol mengandung asam amino yang berfungsi untuk memberi nutrisi pada lambung. Namun, banyak sekali yang bilang bahwa menu ini adalah penghasil gas. Jika Anda ragu, bisa menghindarinya sementara dan beralih ke menu makanan sehat lainnya.

Keempat, mentimun laut

Masyarakat China sudah lama membuktikan khasiat hewan laut ini melalui makanan. Mereka mengonsumsi makanan ini dan bisa dibilang memiliki lambung sehat. Penelitian yang telah dilakukan di Malaysia juga mendukung pendapat ini. Untuk itu, mentimun laut kini telah berubah menjadi ekstrak mentimun laut yang lebih praktis dan aman dikonsumsi.

Kelima, makanan sehat lainnya

Makanan sehat untuk penyakit maag lainnya adalah lidah buaya, kol, bubur, brokoli dan permen karet. Anda juga harus memperhatikan cara makan Anda dengan mengunyah lebih lama dan halus.

Inilah makanan yang harus dihindari

Sementara itu, Anda juga perlu menghindari makanan dan minuman yang hanya akan membuat asam lambung meningkat dan menyiksa perut Anda. Berikut makanan dan minumannya;

  1. Minuman cola
  2. The
  3. Kopi
  4. Makanan pedas
  5. Makanan yang digoreng
  6. Minuman berkarbonisasi
  7. Cokelat
  8. Dll

Makanan tersebut di atas, justru akan memperburuk kondisi penyakit maag. Untuk itulah sangat disarankan agar sebisa mungkin dihindari. Kalaupun Anda memang terpaksa mengonsumsinya, bijaklah mengatur porsinya agar asam lambung Anda tidak meningkat tajam. Karena jika hal tersebut terjadi, maka kemungkinan Anda sakit sangat besar.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *