Makanan Penyubur Rahim

Makanan penyubur rahim bisa berupa buah, sayur maupun bentuk lain yang mampu menambah kesuburan rahim dan kandungan, makanan ini sangat bagus buat calon ibu yang ingin segera menimang bayi. Disini kita akan bersama-sama mengupas makanan apa saja yang ada di sekitar kita, yang ternyata mampu untuk menyuburkan rahim. Terkadang juga, makanan ini tidak kita perhatikan, padahal khasiat atau manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan fertilitas.

Beberapa syarat agar kesuburan rahim anda meningkat:

  1. Memperbanyak makan makanan yang kaya asam folat.
  2. Mengkonsumsi lebih banyak makanan organik dan produk hijau.
  3. Menjaga berat badan yang sehat melalui diet dan olahraga.
  4. Hindari plastik (termasuk bungkus plastik)
  5. Hindari alkohol dan drugs/narkotika

Makanan yang kaya akan asam folat alami meliputi buncis dan kacang polong kering; sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli, bayam, lobak hijau, dan asparagus, buah jeruk dan jus.

makanan penyubur rahim

makanan penyubur rahim

Makanan sehat

Di antara penyebab paling umum dari infertilitas pada wanita adalah “disfungsi ovulasi” – istilah umum yang mencakup masalah dengan ovulasi. Meskipun sejumlah faktor menjadi penyebabnya, banyak dokter sekarang percaya bahwa diet adalah salah satu kunci. Dalam sebuah studi dari 17.000 wanita yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, peneliti mampu menentukan kelompok “makanan kesuburan” mampu meningkatkan peluang pembuahan.

Beberapa jenis makanan penyubur rahim

  • Makan lebih banyak lemak tak jenuh tunggal (seperti minyak zaitun) dan kurangi lemak trans (seperti jenis yang ditemukan dalam banyak makanan yang dipanggang atau makanan cepat).
  • Meningkatkan asupan protein nabati (seperti kedelai), dan kurangi protein hewani (seperti daging merah).
  • Makan lebih banyak makanan tinggi serat, makanan rendah glikemik – seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan, sekaligus mengurangi asupan karbohidrat olahan dan gula.
  • Mengkonsumsi dalam jumlah cukup untuk produk susu tinggi lemak – seperti es krim, susu, dan keju.
  • Coklat. Berikut adalah fakta ilmiahnya, cokelat mengandung bahan kimia phenylethylamine dan serotonin, yang berfungsi sebagai penguat suasana hati dan stimulan seksual ringan. Makan coklat membuat Anda merasa senang, bahkan sedikit euforia.

Yang harus dihindari

Selain mengkonsumsi makanan penyubur rahim seperti yang dianjurkan di atas, ada pula beberapa zat yang hendaknya dihindari oleh pasutri. Karena beberapa zat ini mempengaruhi kesuburan kandungan anda, antar lain:

Kopi
Minum kopi secara berlebihan, dapat merusak kesuburan wanita. Para ahli mengatakan bahwa minum lebih dari lima cangkir kopi sehari – atau setara dengan sekitar 500 miligram kafein – dapat menurunkan kesuburan. Akan tetapi, minum satu atau dua cangkir sehari tidak mengapa. Saran ahli, untuk wanita yang peminum kopi: “Cukup 200-250 miligram kafein per hari.”

Alkohol
Studi pada asupan alkohol dan kesuburan wanita telah menghasilkan temuan campuran. Para peneliti Swedia menemukan bahwa perempuan yang minum dua gelas minuman beralkohol sehari mengalami penurunan kesuburan mereka dengan hampir 60%. Tambahan lagi, minum minuman beralkohol saat hamil meningkatkan risiko cacat lahir yang serius.

Rokok
Merokok dapat merusak kesuburan wanita dan pria. Merokok mempengaruhi kesuburan sel telur di rahim. Dan pada pria, merokok dapat mengurangi produksi sperma dan kerusakan DNA. Para ahli juga sangat menyarankan berhenti merokok sebelum Anda hamil. Lebih parah lagi, merokok saat hamil meningkatkan risiko keguguran.

Pestisida dan Eksposur Berbahaya Lainnya
Dampak dari pestisida, terutama pestisida pertanian, dapat membahayakan kesuburan pria dan wanita. Dan paparan beberapa pelarut dan racun – seperti yang digunakan dalam bisnis percetakan dan perusahaan dry cleaning – dapat mempengaruhi kesuburan perempuan.

Dengan memperbanyak makanan yang dianjurkan di atas dan menghindari zat penurun kesuburan, diharapkan seorang wanita mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan kehamilan dengan cepat. Perlu di perhatikan pula gaya hidup lain seperti olah raga, mengurangi tingkat stress, melakukan relaksasi dan seimbangnya pola kerja dan istirahat agar fisik anda senantiasa dalam kondisi yang fit. Akhir kata, semoga artikel tentang makanan penyubur rahim ini bisa membantu anda berdua untuk segera mendapatkan momongan. Amiin.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *