Kenali Gejala-Gejala Kanker Paru-Paru

Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah satu dari sekian banyak penyakit yang susah sekali dideteksi. Berbeda dengan kanker yang berada pada bagian tubuh lain, kanker paru-paru menghinggap dengan cepat, merusak namun gejalanya tidak terlihat dengan jelas sehingga dokter pun kadang dapat salah memperkirakan symptom yang ada jika tidak memeriksa dengan lebih teliti.

Gejala-gejala ini cukup umum dan sering disalahartikan sebagai penyakit atau permasalahan bagian tubuh lain, namun mulai dini sebaiknya kita mengambil pencegahan dengan memeriksakan diri ke dokter. Berikut adalah beberapa gejala awal kanker paru-paru yang sebaiknya diwaspadai, karena jika sudah terkena – maka fatal akibatnya.

Batuk

Batuk adalah penyakit yang kerap kali diremehkan karena diderita oleh siapa saja. Umumnya batuk akan hilang dalam beberapa hari saja dan sudah akan sembuh. Namun jika batuk diderita lebih dari seminggu dan akan kambuh kala cuaca dingin, maka perhatian bisa mulai ditingkatkan pada bagian paru-paru, bisa jadi penyakit lain – bisa jadi pula ini gejala awal kanker paru-paru.

Terengah-Engah

Ketika kehabisan nafas, kita seringkali akan terengah-engah, biasanya karena capek setelah melakukan berbagai macam kegiatan. Namun jika anda tiba-tiba saja terengah-engah meskipun tidak melakukan kegiatan apapun atau tak melakukan pekerjaan berat, maka anda harus tetap waspada. Penyakit semacam ini biasanya diderita oleh seorang perokok dan merupakan gejala awal dari kanker paru-paru.

Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu

Kanker yang timbul pada paru-paru akan menekan saraf bagian tubuh tertentu dan menyebabkan masalah pernafasan serta sakit nyeri luar biasa pada bagian tubuh tertentu. Sakit ini biasanya ada pada bagian dada, pundak, punggung dan lengan. Kombinasikan semua gejala yang ada pada daftar ini dan jika muncul nyeri seperti ini, segera periksakan ke dokter.

Sering sakit

Kanker paru-paru juga memicu penurunan kondisi tubuh dan psikologis anda, walaupun tanpa anda sadari bahwa penyebab utamanya adalah paru-paru yang mulai terkena tumor ganas. Biasanya hal semacam ini akan diderita oleh seorang perokok akut. Anda akan sering merasa sakit, merasa letih, mengalami depresi, penurunan kondisi kesehatan dan konsentrasi serta mulai merasakan sakit pada bagian lutut. Segera periksakan ke dokter untuk memastikan kondisi tubuh yang sebenarnya.

Bronchitis

Lagi-lagi salah satu gejala yang amat sering menimpa para perokok, bronchitis adalah salah satu gejala dari kanker paru-paru yang sebenarnya amat jarang terjadi. Jika anda merasa kondisi badan menurun drastis dan semakin merasa tidak sehat karena bronchitis waspadalah bahwa anda sedang tersergap gejala awal kanker paru-paru.

Nafas yang berbunyi

Pernahkah anda mendengar seseorang yang nafasnya berbunyi ketika sedang tertidur? Kadang disalahartikan sebagai satu masalah tidur, kebiasaan ini termasuk salah satu gejala awal dari kanker paru-paru yang harus diwaspadai. Jika masalah tidur sudah diatasi namun nafas anda tetap berbunyi ketika tertidur maka sebaiknya anda mulai memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek kondisi kesehatan bagian pernafasan anda.

Perubahan suara

Kadang suara kita berubah ketika sedang mengalami batuk, demam dan flu. Tapi ada baiknya mulai sekarang kita waspada karena perubahan suara juga merupakan satu dari sekian banyak gejala paru-paru yang sering disalahartikan.

Meski tidak selalu, namun kanker paru-paru kadang akan mempengaruhi kotak suara sehingga menimbulkan gejala ini dimana suara anda akan berubah, terlebih lagi jika suara anda tidak lagi kembali untuk waktu yang cukup lama. Segera periksakan diri anda ke dokter dan jangan lupa minta untuk rontgen paru-paru anda.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *