Jambu Biji dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Jambu Biji dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak suka makan Jambu Biji? Buah dengan nama latin Psidium Guajava ini termasuk ke dalam buah-buahan tropis yang biasanya amat mudah didapatkan di Indonesia. Salah satu keuntungan pemeliharaan pohon jambu biji adalah karena pohonnya akan terus berbuah sepanjang musim dengan puncak sekitar bulan Februari hingga Maret.

Jambu biji bukanlah buah asli Indonesia, buah ini berasal dari Brazil dan menawarkan campuran rasa manis dan asam. Tidak hanya enak, jambu biji memberikan pula nutrisi yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Pemeliharaannya mudah, harganya murah dan terjangkau, dapat ditanam dimana saja termasuk di pekarangan rumah atau di dalam pot.

Jambu biji memiliki kandungan gizi yang cukup padat, misalnya saja kandungan vitamin C yang jumlahnya mencapai 228 mg per 100 gramnya yang berarti tiga kali lebih banyak dari kebutuhan harian kita. Kandungan vitamin tertinggi pada jambu biji terletak pada kulit buah terluar yang terletak tepat di bawah kulitnya.

Selain vitamin C, jambu biji memiliki pula kandungan serat dan vitamin B kompleks yang teramat komplit dan mempunyai kandungan vitamin lain seperti vitamin A, E dan K dengan jumlah yang tidak sebanyak vitamin C. Hebatnya lagi, jambu biji juga dilengkapi dengan asam folat, elektrolit dan berbagai macam mineral seperti potasium dan mangan. Kandungan gizi ini lebih banyak jumlahnya pada jambu biji dengan warna merah dibandingkan jambu biji putih.

Dengan berbagai kandungannya, tidak heran jika jambu biji amat berguna bagi kesehatan kita, berikut adalah beberapa manfaat konsumsi jambu biji :

meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin terutama vitamin C pada jambu biji begitu besar jumlahnya, bahkan lebih besar 4 kali lipat jika dibandingkan dengan jeruk. Vitamin ini merupakan unsur penting asupan yang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan dalam menangkal berbagai macam penyakit.

memperkecil resiko kanker

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan vitamin C pada jambu biji dapat berfungsi sebagai antioksidan yang akan mengatasi proliferasi radikal bebas, selain itu minyak daun jambu biji diyakini mampu menahan proliferasi dari sel-sel kanker dengan cukup baik. Sedangkan buahnya sendiri sanggup menekan resiko kanker prostat dan pengembangan sel kanker payudara karena memiliki likopen yang amat melimpah.

mengatasi masalah berat badan

Bagi anda yang mengalami masalah obesitas maka jambu biji bisa menjadi teman diet yang lengkap karena kaya akan protein, vitamin, mineral dan serat. Kandungan kadar gula yang dimiliki oleh jambu biji juga lebih rendah jika dibandingkan apel, anggur dan jeruk. Selain itu jambu biji juga tidak memiliki kandungan kolesterol hanya sedikit sekali karbohidrat.

Bagi anda yang justru ingin gemuk, jambu biji juga bisa menjadi teman untuk meningkatkan berat badan karena memiliki kandungan nutrisi melimpah yang akan meningkatkan kinerja metabolisme tubuh.

mengatur tekanan darah tinggi dan kolesterol

Jambu biji memiliki kandungan serat dan potasium yang akan membantu mengontrol kadar kolesterol agar tetap rendah dan mencegahnya menggumpal sehingga tekanan darah pun dapat terkontrol dengan baik.

meredakan batuk pilek

Jambu biji yang belum matang memiliki kandungan astringent, zat besi dan tentunya vitamin C yang akan membantu anda ketika mengalami penyumbatan hidung, melegakan pernafasan, tenggorokan dan paru-paru.

Selain manfaat-manfaat di atas, jambu biji dapat pula dimanfaatkan untuk mengatasi diare, disentri dan gastroenteritis, meredakan konstipasi, menyehatkan mata, menyehatkan otak, menyehatkan kelenjar tiroid, mengatur tingkat glukosa dan bahkan merawat kesehatan kulit.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *