Hal Yang Harus Anda Lakukan Agar Telinga Selalu Sehat

Kunjungan ke dokter spesialis (otolaryngologist) untuk pemeriksaan dan pembersihan telinga harus dilakukan setidaknya sekali setahun, terutama jika Anda berusia lebih dari 40 tahun.  Menurut saran dokter, konsultasi telinga dianjurkan setiap 6 sampai 8 bulan sekali jika Anda juga menderita diabetes, hipertensi, dan kolesterol. Kemudian apa saja hal lain yang Anda lakukan agar telinga tetap sehat? Berikut adalah beberapa panduan sederhana untuk merawat pendengaran Anda.

Hal Yang Harus Anda Lakukan Agar Telinga Selalu Sehat

  • Jangan memasukkan apa pun ke telinga. Penggunaan jari, bulu dan penyeka (korek kuping), tidak ideal untuk melindungi dan membersihkan kotoran dari telinga.
  • Hindari paparan sumber suara keras seperti speaker, mikrofon, headphone dan jangan terlalu sering pergi konser music atau stadion bola. Jika diperlukan, gunakan penyumbat telinga untuk meredam kebisingan dan melindungi telinga Anda.
  • Jangan mengambil tindakan sendiri ketika telinga terjadi sesuatu, kecuali dalam resep dokter, karena membran timpani dapat berlubang dan berbahaya bagi pendengaran.
  • Dengan adanya plug cerumen (kotoran telinga), disarankan untuk mengunjungi ahli kesehatan pendengaran. Dibutuhkan keahlian dalam membersihkan telinga tanpa membahayakan diri Anda.
  • Jangan menyelam di air yang terkontaminasi. Anda akan memperoleh infeksi, tidak hanya di daerah ini kuping, tetapi juga di saluran pernapasan dan mata.
  • Hindari menerapkan hidrogen peroksida, minyak mineral, minyak almond manis, alkohol, garam tetes mata, salep, zat herbal atau lainnya ke telinga.

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa penggunaan berlebihan pemutar musik atau digital portable yang melebihi 85 desibel dapat menyebabkan risiko serius di telinga , membuat gangguan pendengaran secara bertahap. Artinya, dalam beberapa tahun kita bisa mulai mendengar jauh lebih buruk daripada yang Anda pikirkan. Pada risiko terbesar tentu lebih muda, dan bahkan anak-anak, terus-menerus terkena teknologi ini dengan menyebabkan gangguan pendengaran yang nyaris tak terlihat.

Anda harus berhati-hati ketika Anda menderita flu atau pilek. Para ahli memperingatkan bahwa infeksi yang sangat tinggi dapat menyebabkan kehilangan pendengaran. Jangan ragu-ragu untuk menghubungi dokter jika Anda merasa sakit di telinga, mengalami demam dan merasa pusing dengan sesak dada, dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai.

Selain itu, banyak orang sering menggunakan kunci, pensil atau benda lainnya untuk menggaruk atau menarik kotoran dari telinga. Hal ini sangat berbahaya, ini bisa menyebabkan cedera serius dan merusak membran dalam. Bahkan dengan menggunakan korek kuping pun tidak dianjurkan saat membersihkan telinga, karena mereka biasanya korek kuping malah menyeret lilin ke bagian dalam kuping, yang juga bisa sangat berbahaya bagi kesehatan telinga.

Kadang-kadang kita sering menghabiskan berjam-jam mengobrol di telepon. Hal ini terjadi pada kebanyakan remaja, hal ini menghabiskan banyak waktu dengan sel atrium di salah satu telinga kita. Aspek lain yang menarik adalah bahwa kita cenderung untuk selalu menggunakan satu telinga saja, seperti yang kita lakukakan pada mata atau tangan. Ketika berbicara di telepon hampir selalu menggunakan telinga yang sama, ingatlah bahwa hal ini sangat tak dianjurkan dan sangat berbahaya.

Ya, itu beberapa Hal Yang Harus Anda Lakukan Agar Telinga Selalu Sehat. Jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C dan A. vitamin ini terbukit ampuh dalam menjaga system pendengan pada manusia. Selain itu, jangan terlalu lama di depan computer, selain tak bagus untuk mata, hal ini juga dapat membuat telinga jadi sering berair.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *