Cara Mengobati Hernia Tanpa Operasi

Seseorang yang didiagnosa terserang hernia tentu saja harus tahu cara mengobati hernia. Hernia atau yang biasa disebut turun berok merupakan sejenis penyakit yang menjadi momok bagi laki-laki. Bagaimana tidak? Penyakit ini terjadi akibat menurunnya buah zakar bersamaan dengan melemahnya otot pada dinding perut. Ironisnya, penderita hernia lebih banyak anak lelaki. Penderita hernia akan merasakan nyeri karena adanya infeksi atau peradangan jika penderita memiliki aktivitas yang banyak atau terlalu aktif.

Hernia biasanya terjadi di perut, namun juga bisa menyerang di bagian tubuh lainnya seperti pusar, bagian atas paha, dan pangkal paha. Hernia memang tidak seberat penyakit kanker, dia bisa dikategorikan penyakit yang masih umum diderita. Tetapi jika dibiarkan akan menyebabkan hal-hal yang tidak mengenakkan. Pembedahan adalah salah satu cara yang untuk menghindari komplikasi yang lebih parah tersebut. Namun, bukan satu-satunya cara untuk menyembuhkannya.

Simak cara mengobati hernia tanpa operasi berikut ini;

Cara Mengobati Hernia Tanpa Operasi

Jenis hernia

Jenis hernia dibedakan berdasarkan letaknya, dibagi menjadi hernia umbilical, femoral, inguinal, diafragma, dan banyak yang lainnya. Sedangkan, jika dilihat dari penyebabnya, ada 2 jenis hernia, yakni bawaan atau congenital dan dapatan atau yang disebut hernia akuisita. Penyakit ini terkadang tidak menyebabkan rasa nyeri, nyeri akan dirasakan jika ada kontraksi sehingga menyebabkan gencetan di bagian dalam atau malah terjadi peradangan. Mengobatinya sejak awal adalah cara terbaik, tetapi jika Anda sudah terlanjur merasakan nyeri berat, jangan khawatir maupun panik. Tetap konsumsi obat untuk hernia dengan rasa tenang yang akan membantu menyembuhkan Anda dari dalam.

Faktor risiko

Beberapa orang berisiko mengalami hernia jika;

  1. Hamil
  2. Sembelit
  3. Angkat beban yang berat
  4. Adanya cairan di perut
  5. Naik berat badan dengan tiba-tiba
  6. Batuk dan bersin dalam jangka waktu lama

Dapat dilihat bahwa 6 risiko di atas memiliki satu kesamaan, yakni beban berat bada daerah perut. Orang yang hamil, sembelit, angkat beban berat, dan lain sebagainya memiliki kemungkinan untuk menekan perut dan membuat usus keluar atau organ lain kegencet bahkan turun.

Meningkatnya faktor risiko dipengaruhi oleh;

  1. Riwayat keluarga
  2. Obesitas atau kelebihan berat badan
  3. Batuk kronis
  4. Merokok yang kemudian memicu terjadinya batuk kronis
  5. Sembelit kronis (tidak bisa buang air besar)

Gejala hernia

Beberapa gejala umum kami dirangkum dalam ulasan berikut;

  1. Benjolan atau tonjolan pada kedua sisi tulang kemaluan (di lokasi ini paha dan pangkal paha bertemu). Jika penderitanya adalah seorang bayi, maka kemungkinan untuk diketahuinya tonjolan atau benjolan hanya pada saat bayi tersebut menangis. Sedangkan pada orang dewasa, benjolan ini akan Anda rasakan saat Anda berdiri dengan cara disentuh.
  2. Rasa sakit dan tidak nyaman ketika batuk, membungkuk, terjadi tekanan dan lain-lain
  3. Nyeri dada
  4. Kesulitan menelan

4 gejala di atas bisa jadi tidak Anda rasakan, karena dalam beberapa kasus gejala hernia tidak diketahui secara pasti bahkan tidak memberikan gejala yang berarti.

Pengobatan hernia

Cara mengobati hernia memang bisa dilakukan dengan pembedahan. Namun, proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Apalagi sekarang ada ekstrak mustika dara yang bisa mengobati hernia secara alami tanpa operasi. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola hidup Anda agar terhindar dari hernia. Adalah menjaga berat badan ideal, tidak merokok agar tidak mengalami batuk kronis, atau mengangkat beban sekadarnya saja. pengobatan hernia ini akan berhasil jika Anda tetap tenang dalam menghadapi setiap cobaan yang diberikan. Yakin dan percaya.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *