Cara Mengatasi Mual dan Muntah Dengan Cepat

Banyak faktor yang dapat menyebabkan mual atau muntah. Diantaranya adalah: infeksi yang disebabkan oleh virus, sakit kepala, bepergian dengan mobil, kereta, pesawat atau perahu, kehamilan, kecemasan, bau busuk bahkan keracunan makanan. Beberapa solusi alami untuk menghilangkan mual dan muntah akan informasikan pada Anda dalam artikel ini. Apa saja? Simak cara mengatasi mual dengan cepat di bawah ini:

Cara Mengatasi Mual dan Muntah Dengan Cepat

  • Akupresur (memijat dengan tangan sendiri)

Tekanan titik perut yang terasa mual dengan menggunakan tiga jari ke bawah sampai telapak dan pergelangan tangan. Terus tekan selama 5 detik dan mengulanginya lagi sampai mual hilang.

  • Teh jahe

Sebuah bahan umum untuk meredakan mual adalah jahe. Anda dapat membuat teh jahe dengan menambahkan 1 sendok teh bubuk jahe dengan air panas. Jika Anda mendapatkan mual saat naik mobil, perahu, dll, cobalah ambil satu sendok teh jahe, hal ini bisa membantu Anda. Caranya adalah dengan mencincang jahe lalu campurkan dengan satu sendok teh madu.

  • Minum banyak cairan

Jika perut sendang dalam keadaan kacau, maka setiap makanan yang ada di perut atau usus bisa menyebabkan mual, dalam hal ini yang terbaik adalah untuk merangsang proses penghilangan dengan mengkonsumsi cairan seperti teh, kaldu, es chip atau soda berwarna seperti Sprite atau Fanta. Selain itu, bagi kebanyakan ibu hamil, kekurangan vitamin B6 dapat bertanggung jawab atas mual yang terjadi. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk direkomendasikan suplemen dosis vitamin B6.

  • Jus lemon

Untuk bantuan langsung dari mual dan muntah, Anda bisa mengambil 1 cangkir air, 10 tetes jus lemon, dan 1/2 sendok teh gula. Juga tambahkan 1/4 sendok teh baking soda.

  • Teh peppermint

Masukan 1 sendok makan daun mint kering dalam 2 gelas air panas dan biarkan selama 30 menit. Saring teh kemudian minum. Telah dikatakan bahwa mengunyah daun mint yang sudah direbus juga bisa menyembuhkan mual. Selain itu, untuk menghentikan muntah peppermint esensial basah juga dapat mengatasi mual dan muntah. Jika Anda merasa ingin muntah, jangan mencoba untuk menahannya. Jika mual dan muntah mulai menyerang kepala, Anda harus mendapatkan perawatan medis.

  • Minum air putih

Mual kebanyakan disebabkan oleh dehidrasi, pastikan untuk minum banyak air putih dan cairan lain seperti jus atau buah di siang hari. Jangan minum lebih dari dua cangkir kopi atau teh berkafein. Meskipun kopi dan teh dapat meringankan gejala tertentu dari mabuk, tapi kafein dalam minuman kemasan bisa menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi lebih.

  • Sarapan teratur

Mual Anda juga dapat dihasilkan oleh vakum atau ketidaknyamanan perut (lapisan perut mungkin terganggu oleh alkohol yang berlebihan). Bahkan jika Anda tidak mood untuk makan, penting untuk mengambil sarapan ringan untuk menangani mual. Pilih makanan yang ringan seperti roti, buah dan sereal. Hindari makanan berlemak seperti keju, daging, dan daging kemasan.

  • Mengkonsumsi pisang.

Jika Anda tidak dalam mood untuk makanan padat saat sarapan, Anda bisa minum smoothie pisang untuk meringankan gejala mabuk seperti mual. Letakkan pisang di blender, campur dua pisang dengan lima gelas susu. Tambahkan madu untuk mempermanis minuman. Pisang mengembalikan elektrolit dan kalium, yang sering habis setelah minum. Susu akan menenangkan perut Anda dan membantu Anda tetap terhidrasi. Dan madu akan membantu Anda meningkatkan gula darah.

  • Obat

Obat untuk meredakan perut seperti Promag membantu mengobati mual, muntah dan masalah pencernaan lainnya. Setelah sarapan, minum beberapa pil untuk menenangkan perut daru muntah dan mual.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *