Anda Terkena Flu? Coba Konsumsi Makanan Berikut

Anda Terkena Flu Coba Konsumsi Makanan Berikut

Meski tidak diinginkan, namun musim hujan kerap kali dikonotasikan menjadi penyebab kenapa kita mudah sekali terserang flu dan demam. Gawatnya lagi, flu termasuk salah satu penyakit yang mudah sekali menular, apalagi influenza biasanya disertai pula dengan batuk. Kedua penyakit ini memang ibarat kawan sejati yang selalu muncul beriringan.

Flu sendiri terjadi karena kita terkena infeksi sistem pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru. Penyakit menular ini begitu umum terjadi sehingga hampir semua orang pernah mengalaminya.

Namun benarkah musim hujan menjadi penyebab kita terkena flu? Ada benarnya. Flu terjadi karena kita mengalami penurunan daya tahan tubuh. Sebab utama dari hal ini bisa jadi karena kelelahan, kekurangan nutrisi dan pergantian cuaca atau saat terjadinya pancaroba.

Ingin cepat sembuh? Jangan khawatir, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan kesehatan tubuh anda. Mungkin ada baiknya anda mempertimbangkan untuk mengkonsumsi beberapa makanan-makanan di bawah ini.

Sop Ayam

Telah dibuktikan oleh para ahli melalui serangkaian riset, Sop Ayam mengandung gizi tinggi yang dapat membantu kita mengatasi masalah influenza. Riset tersebut menyampaikan bahwa kandungan yang terdapat pada sop ayam akan membantu dan merangsang Silia – atau rambut halus yang terdapat dalam lubang hidung kita untuk memperkuat perlindungan dari virus dan bakteri.

Daging Sapi

Daging sapi adalah sumber zat besi terbaik yang ada, mengkonsumsinya akan meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh kita. Zat besi merupakan aktor utama yang berperan dalam pembangunan sel-sel darah putih yang merupakan prajurit ketahanan dalam tubuh kita. Begitu pentingnya zat besi ini sehingga jika kita kekurangan, daya tahan tubuh kita pun menurun.

Selain zat besi, daging sapi adalah sumber protein yang akan membantu dan mendukung tubuh kita dalam membangun antibodi untuk melawan infeksi.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang sudah populer sejak lama digunakan sebagai sumber kesehatan. Pilek dan batuk pun bisa anda atasi dengan makan satu atau dua siung bawang putih mentah.

Kalau anda tidak menyukainya mentah, anda dapat mencampurkannya ke dalam sup ayam yang sedang anda buat. Kehandalan bawang putih ini terdapat pada sifat anti-mikroba yang membantu menjaga kekebalan tubuh serta melancarkan saluran pernafasan.

Pisang

Pisang adalah buah yang lembut dan amat mudah dicerna tubuh. Pisang dapat menjadi makanan pengganti jika penderita flu mengalami mual yang berakibat muntah dan diare yang dapat membuatnya kekurangan makanan dan cairan, termasuk pada anak-anak.

Teh Panas

Yang satu ini juga sudah sangat ngetop dikenal sebagai penambah daya tahan tubuh karena memiliki fitur anti-oksidan yang berguna untuk melawan penyakit. Bahkan sebenarnya tidak perlu diminum pun sudah dapat berkhasiat, yaitu dengan menghirup udara teh saat disajikan dalam kondisi masih panas demi mengatasi hidung mampet.

Jika ingin dikonsumsi, ada baiknya pula teh panas ini diminum bersamaan dengan sesendok madu atau perasan lemon untuk mengatasi rasa mengganjal yang kurang nyaman pada tenggorokan anda.

Salah satu pengganti teh yang juga memiliki khasiat yang kurang lebih sama atau berbeda sama sekali namun memiliki tujuan meredakan flu adalah jahe dan jeruk.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit flu yang mungkin saat ini sedang anda alami. Caranya mudah, juga sangat murah. Namun jika memang dirasa sudah cukup berat – tidak ada salahnya jika kita melakukan cek ke dokter.

Share Manfaat Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this pageShare on TumblrPin on PinterestShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *